Kamis, 20 Januari 2011

Wear A Saree





Sari atau saree atau shari adalah jenis kain yang dipakai wanita di negara India,Bangladesh,Nepal dan Sri Lanka.Sare adalah pakaian yang terdiri dari helaian kain yang tidak dijahit, variasinya beragam dengan panjang 4-9 meter yang dipakaikan di badan dengan bermacam-macam gaya. Jenis yang paling umum adalah sari yang dililitkan di pinggang, dengan ujungnya yang disangkutkan dari bahu ke punggung belakang.Sari biasanya dipakai menutupi petticoat atau baju bagian dalam (pavada/pavadai di India Selatan, dan shaya India Timur), dengan blus choli atau ravika.Choli memiliki lengan yang pendek dan leher yang rendah untuk mengadaptasikan warga Asia Selatan dengan musim panasnya yang sangat panas.Sare bisa dipakai dengan berbagai gaya dan model.
Sare sangat anggun dan cantik bila kita tahu cara memakainya.Memang cukup ribet dan keringetan sih buat yang belum benar benar paham cara memakai saree.
Buat temen - temen yang penasaran ingin tahu cara pemakaian saree atau ingin belajar memakai saree.neh aku ulasin sedikit cara memakai saree dengan gaya dan model yang biasa dipakai sehari hari wanita india.Semoga bermanfaat....







1. Pake dalemannya terlebih dahulu, atasan (kalo muslim yg pake saree disini biasanya lengan panjang dan perut gak keliatan) sama petticoat/rok daleman yang diikat kuat bagian pinggangnya. Kalau bisapetticoat/rok jangan pake yang karet, untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan ( kalo melorot nga lucu ). Ambil ujung dalam saree (pastikan panjangnya saree sampe lantai) trus diselipkan di petticoatnya biasanya bagian depan atau samping.( suka suka aja sih tergantung keinginan )



2. Putarkan kain saree mengelilingi badan satu putaran. Ambil ujung saree yang lain dan bentangkan agar kain tidak melilit.( jadikan lingkaran yang longgar )




3.Untuk lebih mempermudah,ujung saree yang akan disampirkan ke pundak langsung ditaruh dipundak.Panjang pendek saree bisa disesuaikan menurut keinginan.


4.Ambil sisa kain dan tarik ke bagian depan, trus yang bagian pinggang, rapatkan.
Mulai lipat kain seperti bikin wiru/lipat kipas, cuma ukuranny lebih lebar Sekitar 3-5 inci. Lakukan sampe kain habis.


5.Pastikan arah lipatan yang paling luar munghadap ke kiri, trus rapikan.
Selipkan seluruh lipatan kedalam petticoat bagian depan.


6. langkah langkah memakai saree selesailah sudah.Saree yang ada dipundak dibiarkan menjuntai seperti selendang,atau untuk lebih rapi bisa juga diwiru/lipat kipas agar tidak ribet kemudian disampir kepundak ( cara ini biasanya dipakai untuk sehari hari )

SELAMAT MENCOBA....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar