Jumat, 14 Januari 2011

Return Of The Condor Heroes - 2




Sekte di Kembalinya Pendekar Rajawali
Seakte Quanzhen (Quanzhen Jiao)
Sebuah sekte religius yang didirikan oleh Si Dewa Pusat Wang Chongyang. Zhou Botong, Ma Yu, Qiu Chuji, dan Sun Bu'er merupakan sebagian dari pengikut setianya. Sekte ini memainkan peranan penting baik di LPR maupun di KSPR.

Partai Tapak Besi (Tiezhang Bai)
Partai ini didirikan oleh Qiu Qianren, yang terkenal dengan Tapak Besinya. Adik kembarnya, Qiu Qianran, yang sama sekali tidak memiliki kemampuan apa-apa, juga merupakan bagian dari partai ini. Partai ini hanya muncul di LPR, dan hanya disinggung sekilas dalam KSPR.

Partai Makam Kuno (Gumu Bai)
Di balik cinta/benci kepada Wang Chongyang, Lin Chaoying memenangkan Makam Kuno ini dan mengakuinya sebagai miliknya. Ia kemudian mendirikan partai Makam Kuno ini. Para pengikutnya semua wanita dan diperintahkannya untuk meludahi gambar foto Wang Chongyang. Partai ini baru muncul di KSPR.

Perkumpulan Pengemis (Gai Bang)
Di LPR, pemimpin perkumpulan ini adalah Si Pengemis Utara Hong Qigong. Dia menunjuk Huang Rong menjadi ketua ke-19, dan di KSPR Huang Rong menyerahkan kepemimpinan Perkumpulan Pengemis ini kepada Lu sebagai ketua yang ke-20.

Pulau Bunga Persik (Dou Hua Dao)
Pulau di mana Si Sesat Timur Huang Yaoshi hidup bersama keluarganya dan 5 orang murid: Mei Chaofeng, Chen Xuanfeng, Lu Chengfeng, Qu Lingfeng, dan Feng Mofeng. Di LPR, hanya Huang Yaoshi dan Huang Rong yang tinggal di pulau tersebut dan dalam KSPR, seluruh keluarga Guo pindah ke sana.

Lembah Tanpa Cinta (Jueqing Gu)
Lembah di mana Qiu Qianchi, adik perempuan dari Qiu Qianren dan Qiu Qianran, tinggal bersama suaminya Gongsun Zhi dan anak perempuannya Gongsun Lu’er. Hanya muncul di KSPR.

Dalam kisah Kembalinya Sang Pendekar Rajawali muncul sebuah Partai bernama Partai Makam Kuno (Gumu Bai) yang memegang peranan sangat penting. Tokoh utama wanita dan salah satu tokoh jahat utama dalam KSPR merupakan murid dari Partai Makam Kuno ini. Aliran lain yang baru muncul dalam KSPR dan memiliki peranan yang menonjol adalah Lembah Tanpa Cinta. Lembah Tanpa Cinta diketuai oleh si jahat Gongsun Zhi dan kemudian diambil alih oleh istrinya Qiu Qianchi, yang sama jahatnya.

Jurus Tokoh/Partai Utama


Partai Makam Kuno

Ilmu dasar Partai Makam Kuno adalah (ilmu pukulan) Jaring Langit Jala Bumi, yang terdiri dari 108 macam pukulan. Ilmu Jaring Langit Jala Bumi dilatih dengan menepuk/menangkap burung-burung. Salah satu jurus dalam Jaring Langit Jala Bumi adalah jurus Memburu dengan Cengkeraman, jurus yang pertama kali Yang Guo pelajari saat belajar kepada Xiao Longnui. Sedangkan ilmu tertinggi dari Partai Makam Kuno bernama Kitab Hati Gadis Suci. Dengan ilmu inilah Lin Chaoying, pendiri Partai Makam Kuno, mengalahkan Wang Chongyang (pendiri Sekte Quanzhen) yang merupakan pendekar dengan ilmu tertinggi pada masanya. Kitab Hati Gadis Suci terdiri dari 9 bagian, bagian ganjil disebut “Masuk dalam Yin” dan bagian genap disebut “Mundur dari Yang”, dengan total jurus setidaknya 80 jurus. Jurus pamungkas Kitab Hati Gadis Suci bernama Jurus Pedang Hati Gadis Suci, suatu jurus yang memadukan kungfu Kitab Hati Gadis Suci dengan kungfu Quanzhen). Jurus-jurus lain dari Kitab Hati Gadis Suci di antaranya: Jurus Melukis Alis, Jurus Berhias di Balik Tirai, Jurus Menyajikan Nampan, dan Jurus Pukulan Gadis Cantik. Partai Makam Kuno juga memiliki senjata rahasia, yaitu: Sengat Lebah Giok.


Yang Guo
Karena kecerdasan dan persahabatannya dengan tokoh-tokoh besar silat pada masa itu, Yang Guo, tokoh utama dari KSPR, mampu menguasai ilmu-ilmu silat (meski tidak seutuhnya) dari setidaknya 4 dari 5 tokoh silat terhebat masa itu (5 Jagoan Besar). Ia menguasai ilmu Kodok (Ha Ma Gong) – meski hanya sedikit, terbatas dengan waktu latihan yang singkat - dan jurus Penangkal Tongkat Penggebuk Anjing dari si Racun Barat Ouyang Feng. Ia menguasai ilmu silat Sekte Quanzhen dari si Dewa Pusat Wang Chongyang. Ia juga menguasai Ilmu Tongkat Penggebuk Anjing (Da Gou Bang Fa) dari si Pengemis Utara Hong Qigong dan dari si Sesat Timur Huang Yaoshi ia belajar ilmu Sentilan Jeriji Sakti dan ilmu Pedang Seruling Kemala. Di samping semua ilmu silat tersebut di atas, Yang Guo pun menguasai ilmu Partai Makam Kuno (Ilmu Jaring Langit Jala dan Kitab Hati Gadis Suci) dan ilmu Kitab Sembilan Bulan, yang dipelajarinya dari dan bersama Xiao Longnui. Meski menguasai berbagai macam ilmu hebat tersebut, namun sebetulnya tidak ada satu pun yang Yang Guo kuasai secara mendalam. Hal itu baru ia sadari saat menerima teguran dari Hakim Roda Emas Jinlun Fawang pada suatu waktu. Yang Guo waktu itu bergabung dengan Jinlun Fawang, setelah mendengar bahwa pembunuh ayahnya adalah Guo Jing dan Huang Rong (dari Sha Gu). Atas petunjuk itu, Yang Guo pun membentuk kungfu baru, gabungan dari kesemua ilmu silat yang dia kuasai di atas. Dalam perjalanan hidupnya kemudian, takdir mempertemukannya dengan seekor Rajawali Raksasa, yang ‘mempertemukan' Yang Guo dengan majikannya yang telah wafat Dugu Qiubai, seorang pendekar pedang terhebat di jamannya. Dengan menggunakan Pedang Besi Berat milik Dugu Qiubai, ia belajar ilmu Pedang Besi Berat dengan berlatih bersama sang Rajawali Raksasa. Dan dalam penantiannya (akan istrinya Xiao Longnui) selama 16 tahun, Yang Guo menciptakan ilmu pamungkasnya: ilmu Telapak Duka Nestapa, menyarikan semua ilmu yang telah ia pelajari selama ini. Ilmu Telapak Duka Nestapa terdiri dari 117 jurus, di antaranya: Jurus Entah Dari Mana, Jurus Mengeduk Air, Jurus Telapak Duka Nestapa Hilang Ingatan, Jurus Keinginan Ada Tenaga Kurang, Jurus Mayat Berjalan, dan Jurus Derita Tanpa Akhir. Ilmu ini sangat bergantung kepada suasana hati dan emosi.


Xiao Longnui
Selain menguasai ilmu silat Partai Makam Kuno sampai tingkatnya yang paling tinggi (Ilmu Jaring Langit Jala dan Kitab Hati Gadis Suci) Xiao Longnui, tokoh utama wanita dari KSPR, juga menguasai ilmu Kitab Sembilan Bulan dan ilmu Tangan Kiri dan Kanan dari si Bocah Tua Nakal Zhou Botong. Xiao Longnui juga mampu memerintah lebah-lebah untuk menyerang musuh dan dapat menggunakan pita-pita jubahnya sebagai senjata. Ia menggunakan Jarum Sengat Lebah Giok sebagai senjata rahasia atau untuk pertempuran jarak jauh.

Jurus Tokoh Jahat


Hakim Roda Emas Jinlun Fawang
Senjata andalah Hakim Roda Emas adalah lima buah roda yang terbuat dari emas, perak, tembaga, besi, dan timah. Jurus-jurusnya antara lain: Jurus Naga Mengerahkan Tenaga, Jurus Bayangan Naga, Jurus Naga Menjelma, Lima Roda Menyatu, dengan jurus terhebatnya Jurus Naga Memindahkan Tenaga. Jurus Naga Memindahkan Tenaga terdiri dari 13 tingkat secara keseluruhan, tidak ada yang pernah mencapai tingkatnya yang paling tinggi, dan hanya sedikit saja yang bisa mencapai tingkat yang kesepuluh. Jinlun Fawang adalah satu yang bisa menguasainya sampai tingkat yang kesepuluh.





Li Mochou

Kakak seperguruan Xiao Longnui yang membangkang dari partainya ini memiliki senjata rahasia yang sangat beracun Jarum Giok Beracun dan Jarum Perak Es. Obat penawar racunnya tercatat dalam kitab “Rahasia Lima Racun”, yang satu waktu sempat dicuri oleh Lu Wushuang dan dipelajari isinya oleh Yang Guo. Ilmu terhebat Li Mochou adalah ilmu Tapak Lima Racun dan hudtim.


Gongsun Zhi
Gongsun Zhi menggunakan sepasang senjata, golok emas bergerigi dan pedang hitam, sebagai senjata utamanya. Jurus terhebatnya dikenal dengan nama Jurus Golok Yin-Yang. Selain itu ia juga memiliki ilmu Pertahanan Titik Darah, sehingga tidak mudah untuk menotoknya, dan ilmu Formasi Jala.
Pada akhir cerita Kembalinya Sang Pendekar Rajawali muncul kitab ‘pasangan’ dan tandingan (yang konon dapat menandingi kehebatan) Kitab Sembilan Bulan (Jiu Yin Zhen Jing): Kitab Sembilan Matahari (Jiu Yang Zhen Jing). Kitab ini memegang peranan penting di bagian ke-3 dari Trilogi Rajawali, kisah Pedang Langit dan Golok Naga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar